BERITA

DETAIL BERITA

Blog Single Image

BPKAD Kabupaten Ketapang selenggarakan Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa

Ketapang, Bertempat di Ballroom Borneo Emerald Hotel Ketapang, BPKAD Kabupaten Ketapang mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa Dalam Rangka Peningkatan Aparatur Pemerintahan Desa Se-Kabupaten Ketapang. Acara pembukaan dihadiri oleh Bupati Kabupaten ketapang, para anggota FORKOMPIMDA Kabupaten Ketapang, Ketua DPRD Kabupaten Ketapang, Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, serta Kepala OPD Se-Kabupaten Ketapang. Peserta dalam Bimbingan Teknis ini adalah Para Camat, 253 Kepala Desa se-Kbupaten Ketapang, serta Pendamping Desa.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah, Alexander Wilyo, S.STP.,M.Si selaku ketua panitia kegiatan bimtek ini. Dalam laporannya, Kepala BPKAD Kabupaten Ketapang menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kepada aparatur pemerintahan desa tentang tata cara pelayanan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa, sehingga keuangan desa dapat dikelola secara tepat guna, efektif, efisien, dan akuntabel.

Dalam Sambutannya, Bupati Ketapang menyampaikan pentingnya Kegiatan Bimtek ini mengingat minimnya pengetahuan para penyelenggara pemerintahan desa dalam memahami peraturan yang terkait dengan tata cara pengelolaan keuangan desa, seperti penyusunan APBDES yang belum tepat waktu, belum memahami tata cara penyusunan laporan pertanggunggjawaban, dan masih lambannya proses pengurusan administrasi pencairan DD dan ADD yang menyebabkan lambatnya pelaksanaa dan realisasi serapan APBDES.

Bupati Ketapang dalam mengakhiri pidatonya berpesan kepada para kepala desa dan aparatur desa agar kembali pada tugas pokok dan fungsi masing-masing dan terus belajar memahami setiap peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga mampu memberikan pelayanan secara cepat tepat, dan akuntabel.

Kegiatan bimbingan teknis dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 15 sampai dengan tanggal 16 November 2018. (lb/ts)