BERITA

DETAIL BERITA

Blog Single Image

Konsinyering Penyusunan Laporan Keuangan Daerah Tahun Anggaran 2018

Ketapang, 22 Januari 2019 bertempat di Ruang Rapat Bupati Ketapang dilaksanakan acara Pembukaan Konsinyering Penyusunan Laporan Keuangan Daerah Tahun Anggran 2018 melalui  Sistem Informasi Keuangan Daerah (Simply KD).  Acara ini dihadiri oleh Kepala OPD, Camat dan Lurah se- Kabupaten Ketapang. Fokus peserta dalam kegiatan konsinyering ini adalah PPK dan penyusun laporan keuangan setiap OPD.

Acara dibuka langsung oleh Kepala BPKAD Kab. Ketapang, Alexander Wilyo, S.STP, M.Si. Pada kesempatan ini Kepala BPKAD Kab. Ketapang menyampaikan beberapa hal terkait maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menyajikan informasi mengenai posisi keuangan, realisasi anggaran, saldo anggaran lebih, arus kas, hasil operasi dan perubahan ekuitas suatu pengguna dalam membuat dan mengevaluasi keputusan mengenai alokasi sumber daya ekonomi melalui aplikasi Simply KD sehingga dapat membantu pemerintah dalam melaksanakan pengelolaan keuangan daerah.

Acara kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh pihak Inspektorat Kab. Ketapang, Supiyanto, SE, MM terkait Kesesuaian Penerapan SAP dan SPIP terhadap Penyusunan LKPD.

Selanjutnya penyampaian materi oleh Tim PT. Bumi Pertiwi Mandiri yang dipimpin Supriyadi, AK, CA terkait Korelasi Laporan Keuangan Berdasarkan Aplikasi (Simply KD) terhadap LRA, Neraca, LO, LAK dan LPE kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait Integrasi Sistem Informasi Keuangan Daerah (Simply KD) terhadap sistem aset daerah.

Kegiatan konsinyering ini berlangsung selama 4 (empat) hari, dijadwalkan pada hari Selasa tanggal 22 Januari 2019 s/d pada hari Jum’at tanggal 25 Januari 2019. Walaupun demikian, diluar jadwal yang telah ditetapkan pihak BPKAD Kab. Ketapang tetap melakukan pendampingan-pendampingan terhadap penyusunan laporan keuangan seluruh OPD dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang profesional, tertib dan akuntabel. (kf/vc/ls)